Kamis, 18 April 2024 jdih.bengkuluprov@gmail.com
Detail Berita
Rabu, 02 Februari 2022 | admin | Dilihat : 437 kali

Satu Jariku, Layanan Live Chat Pencarian Informasi Produk Hukum Daerah

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Pemerintah Provinsi Bengkulu merupakan wadah pendayagunaan bersama dokumen hukum yang diterbitkan Pemerintah Provinsi Bengkulu, serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara akurat, mudah, dan cepat. Sejak tahun 2013, JDIH Pemprov Bengkulu telah melayani pencarian informasi secara daring, namun belum terintegrasi dengan Pusat JDIH Nasional karena perbedaan standar metadata. Kemudian pada tahun 2019, seiring dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 8 Tahun 2019 tentang Standar Pengelolaan Dokumen Hukum, maka Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu membuat website baru dengan menyesuaikan standar metadata sesuai yang diatur oleh Permenkumham tersebut dan telah mengunggah produk hukum daerah di Provinsi Bengkulu secara aktif dan berkala.

 

Oleh karena keterbatasan Sumber Daya Manusia yang melaksanakan pemindaian, penginputan data, serta unggah file, saat ini koleksi dokumen hukum yang tersedia di website JDIH Pemprov Bengkulu masih berjumlah ratusan peraturan, terdiri dari Peraturan Daerah, Peraturan Daerah, dan Keputusan Gubernur yang difokuskan pada peraturan yang diterbitkan 10 tahun terakhir.

 

Namun, banyaknya mahasiswa/masyarakat umum/instansi pemerintah/swasta yang datang langsung  untuk melakukan pencarian produk hukum daerah di atas 10 tahun terakhir membuat kami  memutuskan untuk menambahkan fitur live chat support pada website JDIH Pemprov Bengkulu yang diberi nama Satu Jariku (Pusat Bantuan  Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Pemerintah Provinsi Bengkulu) sehingga pengunjung bisa dapat langsung berinteraksi dengan admin live support pada jam kerja, dimana fitur ini belum banyak diterapkan di website JDIH se-Indonesia. Satu Jariku akan menyapa pengunjung dalam jangka 30 detik setelah masuk ke halaman utama website.

 

Fitur ini terletak di pojok kanan bawah website sehingga pengunjung bisa dapat langsung berinteraksi dengan admin live support apabila terdapat kendala pada jam kerja, jika di luar jam kerja maka chat yang masuk akan terkirim ke pesan offline dan akan dibalas pada jam kerja melalui email yang ditinggalkan pengunjung. Interaksi dapat meliputi informasi maupun pencarian produk hukum daerah yang tidak terdapat di website, mengunggah/mengunduh file, dsb.



Share this :
Cari Produk Hukum
Area Pengunjung
Arsip Berita
Nilai Kami!